Contoh Dan Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar


Bagaimana Cara Membuat & Contoh Artikel Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar - Artikel


adalah suatu tulisan yang di tulis oleh si penulis untuk pembacanya baik ada di media digital dan tradisional.Artikel yang dituliskan juga harus bersifat mendidik,bermanfaat dan membuat pembacanya merasa puas akan isi artikel tersebut.

Artikel yang baik dan benar, seharusnya memiliki beberapa unsur yang wajib ada seperti judul,pengantar,tubuh dan kesimpulan. Beriku penjelasannya:

1.Judul


Dalam menentukan judul, kamu harus membuat pembaca tertarik dan melihat artikel kamu, ada berbagai macam cara untuk membuat judul yang menarik contohnya:

1. 3 Cara Menjadi Blogger
2. 5 Cara Menjadi Blogger Sukses
3. Panduan Lengkap Menjadi Blogger Sukses Dan Menghasilkan

Dari ketiga judul di atas, bila kamu menemukannya menurut kamu mana yang akan kamu buka? Tentu saja yang ketiga. Kenapa? karena bila kamu mencari sebuah informasi pastinya kamu ingin mendapatkan informasi yang lengkap, dan ada juga beberapa cara menarik pembaca dengan membuat judul seperti ini:

1. Jual Sepatu Olahraga Lengkap
2. Jual Sepatu Sekolah Murah Berkualitas
3. Jual Sepatu Futsal Murah Lengkap Berkualitas

Nah seperti yang terlihat bila judul nya seperti ini , pembaca yang meng klik akan tergantung pada keperluan si pembaca, bila si pembaca membutuhkan sepatu olahraga dia akan mengklik nomor satu bila dia ingin sepatu sekolah dia akan mengklik nomor 2 dan seterusnya.


2.Pengantar


Pengantar ini adalah kata-kata yang disisipkan untuk memulai artikelnya, seperti artikel ini contohnya, di baris pertama paling atas , itu adalah kata pengantar yang saya tulis untuk artikel ini

3.Tubuh Atau Isi


Tubuh disini mengartikan Isi dalam artikelnya, kamu akan menjelaskan apa isi penting yang ingin kamu sampaikan didalam artikel kamu, bila kamu membuat artikel tentang berita, isi berita itu adalah bagian dari tubuh.

4.Kesimpulan 


Kesimpulan di dalam artikel adalah pokok dari artikel yang ingin kamu sampaikan dan biasanya di kesimpulan terdapat 5W + 1H , tergantung topik artikelnya.


Berikut Contoh Artikel Yang Baik Dan Benar



Menilik Aktivitas Politik Praktis di Kampus
Politik praktis merupakan sebuah kegiatan politik yang dilakukan oleh praktisi-praktisi politik dengan wadah yang menaunginya. Bisa berbentuk partai politik atau bahkan ormas (organisasi massa) yang cenderung berkepentingan terhadap partai politik tertentu. Bukanlah hal yang salah jika politik praktis dilakukan dengan tepat sesuai dengan kode etiknya. Kode etik ini berkaitan dengan pelaku, tempat, dan juga wadah yang menaunginya berkenaan dengan aktivitas politik praktis ini.

Salah satu hal yang menyalahi etika adalah ketika pelaku, wadah, dan tempat yang secara tidak etis melakukan politik praktis, namun secara diam-diam dan terstruktur, aktivitas ini menjadi subur.

Hal yang pertama adalah pelaku. Pelaku yang secara tidak etis melakukan praktek politik praktis ialah mahasiswa. Mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat intelekktual yang semestinya konsen dalam masalah pendidikan mengingat statusnya sebagai akademisi. Namun pada kenyataannya tidak sedikit dari aktivis mahasiswa yang terjun ke dalam ranah politik praktis dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukannya seperti merekrut calon kader partai melalui organisasi ekstra kampus maunpun intra kampus atau bahkan ikut serta dalam hajat pilkada atau pemenangan calon legislatif partai tertentu. Diantaranya bahkan ada yang secara sembunyi-sembunyi ikut serta dalam prosesi kampanye kandidat pimpinan daerah yang diusung oleh partai tertentu. Hal semacam ini sangatlah tidak etis bagi akademisi / praktisi pendidikan seperti mahasiswa.


Selanjutnya ialah tempat dilakukannya kegiatan politik praktis. Telah menjadi rahasia umum bahwa kampus merupakan lahan basah yang amat subur untuk melakukan perekrutan kader-kader partai tertentu. Tentu hal semacam ini tidak dilakukan secara terang-terangan, sembunyi-sembunyi namun terstruktur. Kegiatan perekrutan calon kader partai ini dilakukan secara “cantik” melalui organisasi ekstra kampus. Kampus yang semestinya menjadi wadah untuk menampung segala kegiatan intelektualitas malah menjadi tempat yang menggiurkan bagi para “misionaris politik” dalam perekrutan kader dan pemahaman ideologinya.


Kemudian yang terakhir adalah wadah yang menjadi sarana berkembangnya kegiatan politik praktis di kampus. Wadah tersebut ialah organisasi ektra maupun intra kampus. Organisasi ektra kampus yang mengatasnamakan pergerakan mahasiswa ini menjadi penghubung antara partai politik dengan organisasi intra kampus seperti BEM, HIMA, UKMF, UKMU, dan lainnya. Pola-pola perekrutan yang cantik dimainkan rapi dan terstruktur agar tujuan yang ingin dicapai terlaksanakan.


Hal yang lebih memperihatinkan ialah ketika dana kemahasiswaan yang menjadi sumber keuangan untuk pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan disalahgunakan. Hal demikian sangat mungkin terjadi mengingat dana kemahasiswaan yang cukup besar, sedangkan lembaga kemahasiswaan intra kampus dimasuki oleh mahasiswa yang merupakan “perpanjangan tangan” partai politik justru menggunakan dana tersebut untuk kepantingan partai dan golongannya.


Semestinya kampus merupakan tempat yang steril akan adanya kegiatan politik apapun dan sudah seharusnya kampus kembali menjadi wadah yang baik untuk perkembangan intelektualitas. Mahasiswa merupakan “penyambung lidah” rakyat kecil terhadap para pengusasa, bukan “perpanjangan tangan” partai politik yang hanya memperjuangkan kepentingan golongannya.
Selanjutnya organisasi mahasiswa seharusnya diterapkan sebagai wadah perjuangan yang semestunya tidak disorientatif terhadap tujuan-tujuannya.

sumber contoh: kakapintar.com


Sekian sudah artikel Contoh Dan Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar. Terima Kasih Telah Mau meluangkan waktu membaca artikel ini.